Emosi..

Saya tuh emosian, gampang marah.. Kayaknya semua orang terdekat saya tahu itu deh.. Dan sering kali saya ga bisa mengontrol rasa marah saya.. Kalo emosi udah memuncak, ya sudah deh, mau siapa kek saya bikin sakit hati, peduli amat.. Sebetulnya saya tahu dan sadar betul kalo hal ini tidak baik, tapi ga tau deh, mungkin saya memang perlu ikut anger management class.. Hehe..

Tapi di bulan Ramadhan seperti sekarang, tentu penting banget dong nahan emosi.. Sayang banget kan kalo pahala puasa berkurang cuma karena marah2?? Sayangnya, dari 16 hari puasa yang saya sudah jalani tahun ini, kemarin sepertinya jadi cobaan terbesar untuk puasa saya.. Kemarin tuh saya mengalami hal yang ga menyenangkan.. Jadi ceritanya kemarin kan saya berempat sama staf saya pergi belanja parsel untuk tutor di tempat kerja saya, nah pulangnya itu lewat simpang lima Depok, daerah yang emang hectic bgt.. Nah staf saya itu bawa motornya melanggar lampu merah, akhirnya kena tilang sama polisi yang tiba2 aja gitu muncul…

Saya sama sekali ga ngeh kalo itu lampu merah.. Masalahnya saya kan mangku 2 kardus parsel yang gede, jadi ga bs ngeliat ke depan.. Boro2 deh merhatiin lampu merah.. Trus staf saya itu lagi kurang sehat jg, jd mungkin lagi ga konsen.. Plus, mobil yang ada di depan motor kami itu juga jalan aja.. Tapi kok ga kena tilang??!! Singkat kata, si polisi ngancem staf sy itu dgn blg “Kalo ke pengadilan kena 250rb nih mas..Mau diurus di sini apa gmn?” Berkali-kali gitu “menekankan” kalo ke pengadilan byrnya mahal.. Karena staf sy mls ribet, dia milih “selesein di tempat” aja.. Akhirnya si polisi minta 150rb.. WTF??!! Tp staf saya ga mau byr segitu.. Akhirnya kena deh 100rb..

Saya yg bayarin punglinya.. Saya sih ikhlas lahir batin bayarin itu, tapi saya ga suka cara polisi itu malak kami.. Akhirnya saya samperin tu polisi dan saya blg “Semoga dpt byk rezeki ya pak buat Lebaran.” Eh tersinggung aja dong tu polisi.. Dia langsung manggil staf saya buat balik dan nahan STNKnya.. Alasannya omongannya saya ga sopan.. Saya tny aja “Kok tersinggung pak? Kan didoain??” Saya blg aja “Oke,saya ga masalah byr 250rb buat nebus STNK..Sini balikin dulu 100rb saya..” Eh si polisi itu ga mau ngeluarin 100rb itu di dpn byk org.. Dia nyuruh staf saya mundur ke tempats epi tempat td dia minta duit.. Ih, najong, maksudnya apa??!!

Eh masa temennya si polisi itu (polisi juga) blg gini, “Jgn gitu dong mbak.. Kasian kan dia udah tua..” Saya blg “Emang knp kalo udah tua??Saya mesti kasian krn udah setua itu dia blm kaya, msh mesti patroli panas2an & cari duit dgn malakin org di jln??” Saya langsung narik staf saya pergi, dan blg kalo sy yang bakal bayarin tebusan STNK dia di pengadilan..

Eng ing eng.. Si polisi temen polisi tua itu trs triak2 manggil kami dan nyuruh kami balik.. Katanya (sambil nunjukin surat tilang), “Mas, gmn sih udah dibaikin kok begitu.. Udah dikasih jalan cepet.. Kalo saya jahat ini bisa saya buang lho.. Jd ga ada bukti, STNK mas ga bs diurus..” Saya langsung ngebatin, ternyata sudah level serendah itu polisi kita.. Demi uang 100rb aja sampe bs ngancem2 gitu.. Saya blg aja “Ga apa2 Pak.. Saya ga mau ngebiasain pungli.. Dan Bapak jg mestinya ga.. Mendingan saya ribet ngurus ke pengadilan..” Trus staf saya blg “Ga apa2 pak.. Saya pny tmn polisi kok, nanti saya mnt tolong dia aja.”

Tapi si polisi itu tetep “bujuk2″ supaya kita selesein di sana aja.. Yawda, krn staf saya udah pusing, akhirnya dia milih untuk byr itu 100rb..” Anjrit, nyampe kantor saya langsung nelp pacar saya, curhat.. Saya sumpah2in sgala macem tu polisi td.. Udah tua kok kelakuan msh kayak sampah aja.. Bukannya mikirin akhirat..

Sekarang stelah saya pikir2, kok kmrn saya nekad bgt ya cari gara2 sm polisi.. Kalo saya ditangkep gmn??!! Hahaha.. Tap biarlah.. Saya ga nyesel kok berantem sm orang.. Saya cm nyesel aja ini masalah ini udah ngurangin pahala puasa saya.. Sekarang saya cm bs berharap para pengguna jln lbh berhati-hati supaya ga melanggar lalu-lintas.. Bulan puasa begini emang polisi lg pada ganas deh cari modal buat Lebaran..

Cuuiiihhh…

Leave a Reply

