Antara Saya dan Kacamata

Semua anggota keluarga saya berkacamata, saya berkacamata, pacar saya berkacamata. Jadi tampaknya hampir semua orang yang dekat dengan saya itu berkacamata. Saya sendiri mulai pakai kacamata saat SMA. Sebelumnya saya sempat lama membandel tidak mau pakai kacamata meskipun saya sudah tahu penglihatan saya sudah tidak beres sejak kecil, terutama disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan saya yang tidak eye-friendly. Hehe. Apalagi kalau bukan kebiasaan-kebiasaan seperti membaca sambil tiduran, membaca berjam-jam, membaca dengan cahaya minim.

Apa daya, akibat kebiasaan-kebiasaan itu mata saya jadi ga normal. Sebenarnya mata saya ga parah-parah banget sih. Setidaknya mata ini masih bisa diandalkan untuk melihat dari jarak jauh atau melihat obyek benda atau tulisan berukuran kecil. Tidak seperti pacar saya yang sudah setengah picek. Hihihi. Tapi akhir-akhir ini tampaknya mata ini sedikit keteteran mengikuti cara hidup saya yang menghabiskan sebagian besar waktu saya di depan laptop. Mata saya jadi sering capek, saya juga jadi sering pusing. Apalagi layar laptop saya memang kinclong sekali cahayanya. Karena saya sering bandel tidak pakai kacamata saat sedang mantengin laptop –lebih sering bandel daripada tidak bandelnya malah, mata saya jadi gampang capek.

Saya jadi menyadari, mata saya mungkin sudah terlalu sering saya bombardir. Jadi saya memutuskan untuk mengistirahatkan mata saya. Bukan, bukan berarti saya jadi tidak mau menggunakan mata saya. Itu sih artinya saya membutakan mata saya sendiri dong. Hehe. Tapi saya sudah bertekad tidak mau laptopan tanpa memakai kacamata lagi, tidak mau membaca terlalu lama tanpa pakai kacamata. Sekarang sih dibetah-betahin aja deh pakai kacamata biarpun sering risih.

Maaf ya mata, aku sudah sering membuatmu menderita. Damai ya kita..

Leave a Reply

