Kemana Perginya Kebebasan Beragama

Kemarin saya menonton berita di tivi, masih terkait dengan kasus penusukan jemaat gereja HKBP Bekasi yang beberapa hari ini ramai diberitakan. Di berita itu disebutkan bahwa ternyata bukan cuma di Bekasi ada pembangunan gereja HKBP yang dipersulit, di Depok, Jawa Barat pun ada.. Mirisnya lagi pembangunan gereja itu sudah 10 tahun terakhir ini terbengkalai.. Warga sekitar lokasi pembangunan gereja menentang keberadaan gereja tersebut dengan alasan mayoritas warga di daerah tersebut adalah muslim. Astaga, konyol deh alasannya.. Terus kenapa memangnya kalau mayoritas warga beragama Islam.. Apa itu berarti tidak boleh ada celah sedikit pun bagi pemeluk agama lain untuk beribadah di sana ?

Yang lebih membuat geleng-geleng kepala lagi, pembangunan gereja ini juga terhalang IMB.. Sebenarnya pihak HKBP sudah mengantungi IMB, tapi setahun setelah izin terbit dan pembangunan dimulai IMB itu dicabut lagi oleh walikota Depok saat itu –tidak disebutkan namanya dalam tayangan berita itu- dengan alasan adanya tentangan dari warga di sekitar lokasi pembangunan gereja.. Saya mungkin tidak paham prosedur penerbitan dan pencabutan IMB, tapi saya meyakini selembar IMB rumah ibadah selayaknya tidak dicabut dengan semena-mena karena ada sekelompok orang yang menentang dengan alasan yang tak masuk akal. Pihak HKBP sendiri setelah keputusan si walikota tersebut sudah mengajukan gugatan ke pengadilan, dan menang, yang berarti mereka secara sah berhak melanjutkan pembangunan gereja. Sayangnya, pembangunan gereja selalu diganggu pihak-pihak yang tidak suka.

Menonton berita tersebut, ditambah dengan sudah beberapa hari ini dibombardir berita tentang penusukan jemaat gereja HKBP di Bekasi, rasanya kok saya jadi berpikir makin kacau saja negara ini.. Memang sih ada yang bilang penusukan itu kriminal murni, alias tidak ada hubungannya dengan masalah agama.. Yah, bisa benar bisa tidak sih, tapi saya pribadi kok kurang yakin itu tidak ada hubungannya dengan masalah agama.. Kemana perginya ya kebebasan beragama di negara kita yang (katanya) plural dan multikultural ini?

Membicarakan agama memang bisa jadi hal sensitif di beberapa konteks, dan salah satunya mungkin di masalah penusukan jemaat gereja ini.. Katanya kan awal mula kenapa gereja ini dipemasalahkan adalah karena pembangunan gerejanya yang belum punya IMB.. Ada yang meyakini pula pemberian IMB untuk bangunan gereja ini memang sengaja dipersulit karena warga-warga sekitar, yang mayoritas muslim, menentang pembangunan gereja di wilayah mereka.. Saya kok baru tahu ya kalau sekarang kebebasan beragama dan beribadah dibatasi oleh surat bernama ”IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN”.. Hebat sekali ya surat itu.. Sudah berapa lama ya saya tidak membaca UUD ’45, sampai tidak sadar kalau Pasal 29 Ayat 2 UUD’45 sudah berubah isinya jadi ”Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu asalkan kegiatan ibadatnya dilakukan di tempat yang sudah memiliki IMB”..

Apa orang-orang yang menentang pendirian gereja di wilayah mereka itu inginnya sekarang ada pengkotak-kotakan wilayah berdasarkan agama ya? Jadi kalau di suatu daerah mayoritas warganya beragama A, yang beragama B harus enyah dari situ, tidak boleh beribadah di sana.. Begitu juga sebaliknya, di daerah yang mayoritas warganya beragama C, warga beragama D tidak boleh beribadah di sana.. Kalau kelompok penentang ini ikut berkoar-koar mencaci warga AS yang menentang pembangunan masjid di sekitar bekas lokasi WTC, kenapa mereka kok melakukan hal serupa pada saudara yang sebangsa dan senegara dengannya di negaranya sendiri..

Ayolah, negara ini sudah 65 tahun merdeka, masa pikiran penduduknya masih belum merdeka juga.. Negara ini milik semua warga negara, tidak peduli apa sukunya, agamanya, warna kulitnya.. Belajarlah dewasa, belajar menyadari bahwa negara ini bukan milik kaum mayoritas saja.. Belajar menerima bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama untuk beribadah, tidak peduli dimana tempatnya dan apa agamanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s