Kalo Lebaran Ngapain Aja?

Hai..hai..Kalo Lebaran biasanya pada ngapain aja ? Kalo saya sih biasanya bangun pagi-pagi banget, trus ke masjid untuk shalat Id, pulang shalat langsung makan pagi. Menunya ya menu standar Lebaran : ketupat, rendang, sambel goreng ati, sayur pepaya. Sebenarnya si mama bikin opor ayam juga biasanya, tapi saya kurang suka opor ayam, jadi saya ga makan ini. Tahun ini si mama sudah menyiapkan menu Lebaran sejak H-2 malam. Nanti malam takbiran baru deh dimasak.

Setelah makan, langsung menyebrang ke rumah kakek saya yang jaraknya cuma sepelemparan batu dari rumah saya. Sebenarnya masih satu rumah sih, beda bangunan aja. Terus, mulai deh ritual maaf-maafannya. Minta maafnya urutan dari yang paling tua gitu. Jadi kakek saya selalu dapat giliran pertama yang dimintain maaf, dan sepupu saya dapat giliran terakhir. Hehe. Dulu sih selalu dapat angpau lumayan banyak, tapi sekarang cuma dapat dari satu tante saya. Soalnya tante saya yang satu lagi udah ga kerja, dan mama ngelarang saya nerima uang dari kakek saya. Kasihan katanya. Hehe.

Setelah maaf-maafan biasanya kita ngumpul-ngumpul, ngobrol-ngobrol. Kalau hari-hari biasa biarpun serumah jarang ketemu karena sibuk sendiri-sendiri, jadi jarang ngobrol. Ritual selanjutnya adalah ke nyekar makam keluarga yang sudah wafat. Ritual ini agak menyebalkan soalnya pasti di jalan macet banget karena banyak keluarga lain yang nyekar juga. Biasanya saya tidur aja di mobil daripada pusing kena macet. Lebih lama kena macet di jalan daripada nyekarnya sendiri. Hehe. Keluarga saya nyekarnya selalu ke 2 TPU, Joglo dan Tanah Kusir, karena anggota-anggota keluarga yang sudah meninggal dimakamkan di situ. Kalau mau ke makam, ga boleh lupa bawa payung nih. Matahari biasanya menyengat banget. Tapi kata BMKG besok hujan ringan ya. Lumayan nih kalo jadi adem. Hehe. Semoga aja ga becek di makam.

Urusan nyekar beres, udah deh ga ada lagi yang dikerjain di hari Lebaran. Palingan menggendutkan diri di rumah, makan kue-kue Lebaran. Hehe. Tapi tahun ini sih mama ga beli banyak kue. Banyak pengeluaran yang lebih penting soalnya. Kemarin sih cuma pesen cake untuk saya bawa Lebaranan ke rumah pacar. Si pacar nanti juga bawa kue pas Lebaranan ke rumah saya. Hehe. Kue-kue kering sih kemarin papa dapet 4 toples dari orang kantor, lumayan. Udah 3 tahun terakhir ini saya ga menggendut gara-gara Lebaran. Makan saya sedikit soalnya. Hehe. Ngomong-ngomong, rencananya saya Lebaranan ke rumah pacar di H+2 Lebaran nih. Kan pas tuh hari Minggu.

Kalau di keluarga saya suasana Lebaran cuma terasa di hari pertama Idul Fitri. Mungkin karena dimana-mana orang-orang merasakan kegembiraan yang sama ya. Di hari kedua biasanya sudah mulai agak membosankan. Ga ada kerjaan, bingung mau ngapain. Biasanya sih nonton tivi aja. Kalo ga ada acara bagus ya tidur. Hehe. Tapi saya lihat di daftar acara tivi nanti hari kedua Lebaran banyak film bagus yang tayang nih. Lumayan deh, mudah-mudahan ga bosen. Kalau hari ketiganya kan mau ke rumah pacar, jadi ga mungkin bosen. Jadi ga sabar pengen makan asinan abang-abang yang biasa lewat depan rumah pacar saya. Udah jualan belum ya tu abang pas saya kesana?? Mudah-mudahan sudah ;p..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s