Jalan2 Ke Situ Babakan

Hari Minggu lalu saya dan pacar ke Situ Babakan.. Itu lhoo, perkampungan budaya Betawi yang lokasinya di Srengseng, Jakarta Selatan.. Emang udah lama juga sih pengen kesana, lokasinya lumayan deket juga sama rumah saya.. Karena lagi judek juga di rumah, jadilah saya ngintil waktu pacar berencana kesana.. Begitu masuk wilayahnya kami agak clingak-clinguk dulu, soalnya bingung mesti kemana.. Gak ada petunjuk arah, atau apapun yang bisa membantu.. Cuma keliatan rumah2.. Itu pun gak semua rumahnya bergaya Betawi ternyata.. Ada juga yang udah model rumah modern..

Ya udah deh, akhirnya nekat aja jalan terus.. Apes2nya kan muter2 dan balik ke tempat semula.. Masa iya sih bakal nyasar ;p.. Tapi akhirnya kami nemuin juga danau bernama Situ Babakan  tersebut.. Ternyata emang luas banget ya boo itu danau.. tapi jeng,,jeng,,jeng,,kok derahnya gak seperti ekspektasi saya semula ya.. Saya ngebayanginnya tempat ini bakal adem, enak buat duduk2, macam Situ Lembang gitu lah.. Ternyata nih tempat crowded aja, rame banget sama pengunjung.. Udah gitu panas banget udaranya, gak ada angin.. Hiks.. Banyak juga pedagang (kebanyakan sih pedagang makanan), sampai bingung mau beli apa.. Di pinggir danau itu banyak tempat duduk dan meja, mungkin buat duduk sambil makan juga yaa.. Tapi buat saya pribadi sih tempatnya gak enak buat duduk, soalnya kotor gitu.. Saya kan gak suka sama yang jorok ;(..

Yang memprihatinkan, jalanan di sekitar danaunya tuh masih tanah gitu.. Kemarin malah becek pula.. Sayang banget deh, jadi gak nyaman buat jalan2.. Coba kalo diurusin yang bener sama pemprov, dikonblok kek, atau minimal diaspal gitu, pasti lebih nyaman buat jalan di situ.. Yang agak menyebalkan juga tuh kelakuan orang2 di sekitar danau, baik pengunjung ataupun pedagangnya.. Enteng aja gitu kayaknya buang sampah sembarangan.. Malah saya lihat pedagang bakso enak aja buang sisa kuah bakso ke danau.. What??!! Duh, kalo cari rezeki di situ,  mbok ya bantu ngerawat..

Sempet agak bete sih saya setelah beberapa lama di sana.. Tapi karena niatnya jalan2, jadi gak lama2 deh betenya ..Hehehe.. Saya dan pacar jajan otak2.. Enak juga, 6000 perak dapat banyak.. trus bikin gantungan kunci berglitter buat Ogi (motor tersayang).. Murah pisan euy, dihitung per huruf, jadi Cuma bayar 1500 perak.. Hehe.. Trus belie s potong juga.. Hohoho, suka banget makan ini.. Pacar beli yang rasa durian, saya beli yang rasa coklat.. Enakan yang durian ternyata.. Sial.. Terus kami liat pertunjukan gambang kromong.. Hehe, lucu juga lawakannya.. Hari itu rencananya mau ada Bolot juga, tapi karena siang tampilnya (jam 14.00), kami putuskan gak jadi nonton.. Trus si pacar beli kerak telor.. Ihh, heran, doyan banget dia makan ginian.. Saya sih gak terlalu doyan, jadi Cuma cimit2 aja.. Tapi nih makanan ngenyangin banget deh.. Makanan berat banget lah..

Slese makan, langsung deh ngantri di loket sepeda bebek.. Begitu nyampe Situ Babakan sih udah pengen naik ini, tapi sepedanya lagi istirahat, terpaksa nunggu dulu sampe jalan lagi.. Duh, di loket banyak aja yang beli tiketnya nyelak.. Kalah deh sama bebek.. Bebek aja kalo jalan ngantri.. Slese beli tiket, langsung ngantri di tempat sepeda.. Nunggu 15 menitan, trus kami dapet giliran naik deh..Hoho, dapet sepedanya yang singa laut warna biru.. Singanya saya kasih nama Dumbo ;p..

Sumpah deh naik sepeda ginian enak banget.. Saya sama pacar ketawa2 mulu sepanjang ngegowes nih sepeda.. Buat yang belum pernah naik sepeda ginian, sini saya jelasin.. Pedal sepedanya tuh ada 2, jadi masing2 penumpang mesti ngegowes.. Kalo salah satu orang gak ngegowes, kasian yang satunya lagi, berat ngegowesnya.. Hahaha.. Di bagian belakang ada tuas kendali sepedanya, tapi ngendaliinya kebalikan arah.. Jadi kalo tuasnya digerakkin ke kanan, sepedanya belok ke kiri, dan sebaliknya.. Ngendaliinnya juga seru banget.. Kayaknya sepeda kami jalannya gak lurus, tapi miring2 gitu.. Wikikik..

Naik sepedanya itu gak ngelilingin seluruh areal danau.. Bisa seharian kali kalo begitu, secara danaunya luas banget.. Jadi dipasangin bendera oranye gitu buat patokan areal nyepeda.. Lucunya, ada aja perahu yang nyasar.. Yang jalannya jauh keluar dari benderanya lah, ada juga yang malah gak sampe ke benderanya, jadi rutenya lebih pendek gitu.. Saya sama pacar ngegowesnya santai aja.. Niatnya biar slesenya lama.. Haha.. Lucunya, banyak sepeda yang tabrakan gitu, mungkin karena emang susah ngendaliin sepedanya.. Saya dan pacar tentulah tak menyia2kan kesempatan langka ini untuk direkam dan difoto2.. Haha, dasar narsis..

Ada yang lucu banget waktu si Dumbo di belokan terakhir sebelum balik ke tempat parkir sepeda.. Si Dumbo beloknya kebanyakan, pacar telat belokinnya, jadi Dumbo jalannya lurus ke depan dan hamper nabrak tembok danau.. Haha.. Kayak biasa deh, kalo ada kejadian kayak gini saya bisanya ketawa2 ngakak aja.. Sementara si pacar kerepotan mundurin, majuin, dan belokin si Dumbo, saya malah ngakak2.. Kocak banget deh kejadian ini.. Tapi gak apa2, naik sepedanya jadi lebih lama ;p.. Setelah naik sepeda, kami pun kembali ke Depok.. Ke HokBen dulu sih, taruh kupon undian HokBen dan makan-minum juga..

Overall, perjalanan hari itu menyenangkan.. Tapi saya sih akan lebih suka kalo Situ Babakan ini lebih dirawat lagi sama Pemprov DKI Jakarta,biar lebih enak lagi buat dikunjungi.. Sekarang tempat sampah pun sedikit banget, gimana mau bersih arealnya.. Sebaiknya di pinggir danau itu juga tempat duduknya lebih ditata lagi, kasih meja berpayung kayak gazebo gitu, biar gak kepanasan kalo duduk2 di sini, trus pedagang2nya juga dikasih kios yang bagus dan rapi, biar gak terkesan kumuh.. Dan yang lebih penting lagi, jalanannya diaspal supaya gak becek lagi..

Untuk Zhilal El-Furqaan, makasih ya udah ngajak aq jalan2.. Hehehe..

Blogged with the Flock Browser

Leave a Reply

