Anak-anak Ini Menyebalkan Sekali

Waktu lagi internetan, kebetulan tivi di rumah nyala.. Pas saya tengok, lagi acara Duarr di Trans 7 yang dibawain sama duo Ruben dan Ramzi.. Dulu waktu acara ini baru tayang saya suka nontonnya, tapi setelah jam tayangnya pindah rada siang saya jadi jarang nonton..

Bintang tamu episode kali ini adalah dua artis cilik (cowok) yang lagi ngetop2nya saat ini.. Si kakak inisialnya A, adeknya inisialnya B.. Kayaknya orang seIndonesia tau deh nih bocah dua, secara mereka emang lagi ngetop gila2an.. Terutama si adeknya tuh, mukanya nampang mulu di sinetron.. Dulu waktu mereka baru muncul di dunia entertainment  entertainment  ya, bukan entertain, saya suka banget liat mereka, terutama liat si adek.. Lucu bangeeeet mereka menurut saya.. Tingkah dan tutur katanya juga masih polos khas anak kecil banget.. Selalu berhasil bikin saya ketawa..

Tapi jujur, sekarang saya udah males banget liat mereka.. Bukan apa2, menurut saya nih anak 2 udah overexposed, keseringan muncul di tivi.. Bosen banget ngeliatnya.. Tapi bukan itu sih alas an utama sekarang saya malas liat mereka.. Tingkah mereka itu yang di mata saya nyebelin.. Kalo masalah sering muncul di tivi sih ya sutralah yaa, namanya juga lagi banjir job..Yang jadi masalah buat saya tuh kok sekarang mereka jadi bikin eneg gitu kelakuannya..

Saya mulai sebel sama si B waktu beberapa bulan lalu saya liat tayangan soal dia di salah satu infotainment.. Critanya si infotainment tersebut lagi ngeliput si B ini di lokasi syutingnya, trus diliput deh kayak apa sih dia kalo lagi di lokasi syuting, gimana dia main sama lawan mainnya yang notabene artis cilik juga.. Ternyata di situ saya lihat nih bocah nyebelin banget.. Jadi critanya 3 artis cilik yang main di sinetron ini lagi main pasir gitu, trus si B ini judes banget sama temennya yang cewek.. Si cewek ini mainannya direbut gitu aja sama si B, trus didorong-dorong supaya gak ikutan main sama si B dan artis cilik yang seorang lagi, trus si B pun ngusir2 si cewek dengan ketusnya.

Waktu diwawancara infotainment, si artis cilik cewek ini pun curcol bilang kalo si B emang suka kayak gitu, suke jahat sama dia, ngerebut mainannya, kadang mukul pula..Jangan ngebayangin si cewek ini ember ngomong ke infotainment  ya, tapi dia crita dengan intonasi dan mimik kaya anak kecil yang lagi crita2 dengan polosnya aja..Pas gantian B yang diwawancara, ternyata dia juga bilang kalo dia emang suka jahat sama si temen ceweknya, soalnya dia gak suka main bareng tu cewek.. Ya ampun deh, masa anak umur 4 tahun udah bisa bersikap kayak gitu deh..

Dan di tayangan itu kliatan aja kalo ternyata bukan sama temen ceweknya aja si B suka kayak gitu..Sama temennya yang cowok pun si B suka dorong2 dan ngrebut mainan temennya..Gak tau ya, mungkin ini hal biasa buat banyak keluarga, ada anak mereka yang suka brantem sama temennya, atau ngrebut mainan temennya, tapi buat saya itu menyebalkan dan mengagetkan..Saya gak dididik kayak gitu waktu saya kecil dulu..Ya, orang tua saya ngedidik saya untuk jadi anak yang berani, untuk berani ngelawan kalo ada temen yang jahatin atau gangguin saya, tapi saya gak diajarin untuk jahat duluan ke temen saya..Saya gak diajarin untuk jadi egois..

Saya juga selalu diajarin untuk berkata sopan, dan diajarin untuk gak kurang ajar sama orang yang usianya lebih tua.. Tapi yang saya tangkap dari tayangan infotainment  itu kayaknya si B gak diajrain begitu deh sama orang tuanya di rumah.. Bayangin aja, dia bisa lho ngebentak-bentak kru sambil melotot2 dan ngeludah pula..What??!! I think that’s not how a 4-year-old is supposed to behave..Saya tau kalo di sinetron yang pemerannya ada yang masih kecil (apalagi yang masih umur balita kayak si B) mood  para artis cilik itu diperhatikan sekali..Mereka gak akan mau syuting kecuali mereka sendiri yang mau..Makanya kalo artis2 cilik itu lagi mogok gak mau syuting mereka gak akan dipaksa syuting sama kru, ditungguin aja sampe moodnya bagus lagi..Yah, namanya juga masih anak2 ya, mana ngerti sih kalo mereka punya kewajiban syuting yang udah diatur dalam kontrak tertulis..

Maka mungkin bisa dimengerti ya kalo si B mogok syuting karena dia masih mau main sama temennya..Namanya anak kecil kan kalo udah main bisa sampe keasyikan dan lupa waktu..Tapi apakah kemudian sikapnya yang ngebentak-bentak ktu sinetron itu bisa dibenarkan? Kalo sampe dia bisa sampe melototin dan ngeludahin kru, apakah itu tidak berarti ada yang salah dengan anak ini? Apakah bukan berarti ada yang salah dengan cara orang tuanya mendidik si anak?

Dan ternyata bukan cuma di lokasi syuting sinetron aja nih anak suka kurang ajar begitu..Tadi di tayangan Duarr saya lihat si B dan kakaknya, si A, narik2 rambutnya Ramzi..Trus mereka ngomong sambil triak2..Buat saya itu sudah sangat tidak sopan..Dan emang saya lihat bukan cuma di Duarr kedua anak ini suka gak sopan sama presenter acara (yang notabene lebih tua dari mereka)..Sayangnya, penonton acara tersebut, termasuk pula si presenter, lebih sering ketawa2 aja kalo dua anak ini udah “beraksi”..Bukankah akan lebih bijak kalo pelan2 mereka dikasih tau supaya gak bersikap begitu lagi sama orang yang lebih tua..Sikap kayak gitu kan harusnya gak dilihat  sebagai hal yang lucu..Sayang sekali menurut saya kalo dua anak yang besar di televisi gak dapet pendidikan yang baik dari tempat mereka tumbuh..

Sebagai orang dewasa, seharusnya orang2 di sekitar mereka punya tanggung jawab moral untuk memberi mereka pendidikan yang baik..Sengetop-ngetopnya seorang artis cilik, tetap orang dewasa yang pegang kontrol ..Kalo misalnya si B merasa dia jadi “penguasa” di lokasi syuting karena semua kemauannya selalu diturutin, gak heran kan kalo dia merasa pantas untuk kurang ajar sama kru..Kalo orang2 biasanya ketawa saat ngelihat mereka ngeledek, atau “ngejahilin” presenter acara dimana mereka jadi bintang tamunya, wajar kan kalo mereka akhirnya merasa apa yang mereka lakukan itu lucu dan jadi pengen berbuat gitu lagi?

 

Mudah2an saat waktunya saya punya anak nanti anak saya gak jadi seperti mereka berdua ini..

Blogged with the Flock Browser

Leave a Reply

